Cara memasang 4 LNB dalam 1 parabola untuk mendapatkan sinyal satelit Palapa D, Telkom 3S, Asiasat 5, Asiasat 7.

cara pasang 4 lnb

Setelah beberapa waktu yang lalu satelit Telkom 1 mengalami kerusakan dan selanjutnya diganti dengan satelit Telkom 3s, singkat cerita untuk menikmati siaran tv yang ada di Telkom 1 otomatis LNB yang menerima pantulan sinyal dari satelit terebut harus mendapatkan pantulan sinyal dari satelit Telkom 3s. Kita tahu bahwa pada awalnya satellite Telkom 1 berada pada 108,20 E sedangkan satellite Telkom 3s berada pada 1180 E, sehingga hal ini yang harus disesuaikan.

Langkah pertama, ketahui posisi satellite terlebih dahulu, yaitu Telkom 3s = 1180E, Palapa D= 1130E, Asiasat 7 = 105,50E, Asiasat 5= 100,50E kemudian ketahui juga lebar dish atau piringan parabola yang kita gunakan termasuk pula kedalamannya. Yang kedua adalah menentukan jarak antara 4 LNB tersebut berdasarkan diameter dish dan tinggi tiang fokus. Untuk melakukan perhitungan silahkan didownload form perhitungan jarak antara 4 LNB dengan cara klik disini.

Singkat cerita, menggunakan dish dengan diameter 225cm maka tiang fokus sepanjang 94,22cm saya temukan jarak antara 4 LNB untuk satelit Palapa D, Telkom 3s, Asiasat 5 dan Asiasat 7 adalah sebagai berikut;

  • Telkom 3S – Palapa D = 9,71 cm
  • Palapa D – Asiasat 7 = 14,61 cm
  • Asiasat 7 – Asiasat 5 = 9,71 cm

Kemudian atur sedemikian rupa agar jarak antara titik tengah LNB sesuai dengan data diatas jika menggunakan dish dengan diameter 225cm. Jadi urutan LNB dari barat ke timur adalah Telkom 3S, Palapa D, Asiasat 7 dan Asiasat 5. Setelah semuanya terpasang atur dan arahkan ke salah satu satelit, dalam hal ini pertama kali saya fokuskan ke Palapa D. Jika perhitungan dan pemasangan LNB benar maka otomatis setelah satellite Palapa D mendapatkan sinyal bagus yang lainnya akan mengikuti.

rumus perhitungan jarak LNB